Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Baca Alkitab Gaya Hidupku

4 min read
Baca Alkitab Gaya Hidupku

Baca Alkitab Gaya Hidupku Mazmur 119:174

“Aku rindu kepada keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku.”  Mazmur 119:174 (TB)

Shalom. Sangat BERSYUKUR Ikut GBA: Setahun lebih saya ikut GBA, 3x baca PB, 3x baca PL (1x Krono)

Saya sayangkan, kenapa tidak dari dulu mengikutinya, saat masih muda dan aktif di gereja sebagai majelis. Waktu itu, pendalaman akan Firman Tuhan sangat kurang, hanya mengikuti beberapa tulisan dan pembahasan sermon (Persiapan Majelis : sebagai pelayanan mingguan) sangat sederhana.

Dengan Membaca Alkitab secara lengkap (Kejadian sampai Wahyu) beberapa kali, serasa mencintai Tuhan lebih lagi dan semakin dekat. Disamping usia saya saat ini, sudah semakin tua 74 tahun lebih, Tiket ke Surga juga perlu dipersiapkan dengan sungguh. Tentunya, waktu luang juga memang banyak, Hidup ini adalah Kesempatan.

Karena, dengan membaca sekali secara lengkap, belum mengerti secara dalam, namun ada perasaan ingin lebih jauh untuk mendalami. Walaupun tak ada yang menuntun khusus, hanya sekedar baca 5 pasal perhari. GBA di Medsos, WA, YouTube, Renungan, Facebook. Sistem GBA ini juga Efektif, merangsang untuk membaca dan keinginan mendalami semakin jauh dan kuat dan lengkap. Diulang-ulang, jangan sampai lupa.

Adanya issue : Yesus tidak mati, tidak bangkit, ada setan disalib, pernyataan alkitab palsu, dan lain-lain. Serta semakin banyaknya orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan meninggalkan kepercayaannya sebelumnya, dengan banyak tantangan (dimusuhi keluarga, diancam akan dibuang, dan dibunuh. Namun mereka sangat bertahan dengan sungguh-sungguh yakin kepada Yesus), jauh melebihi Kristen yang mengaku percaya sejak kecil, tapi imannya suam-suam kuku, dan semakin dingin. Seperti ditulis dalam Firman: Yang terdahulu menjadi terakhir, yang terakhir percaya menjadi terdahulu (Matius 20:16). Bertahan sampai akhir, Matius 24:13 : lebih setia dan rajin memberitakan Firman Tuhan. Kita yang sudah Kristen sejak kecil, kurang kecintaan pada Firman Tuhan, bahkan sering mengabaikan. Semakin Intim dengan Firman Tuhan, Terasa dekat, dipegang, dan dituntun olehNya, asal setia, tidak setengah-setengah. Jangan ragukan kuasa dan pertolonganNya.

Saya berniat membaca terus Ikut GBA, bahkan Simultan, ikut beberapa Group (pernah ikut 4 Grup: 3 grup 5 pasal dan satu grup 3 pasal. Berarti saya harus baca 18 pasal/hari). Mulanya membosankan, tetapi karena diniatkan sendiri, diusahakan, bahkan meminta dalam doa, agar tidak ngantuk, tidak asal baca, akhirnya bisa dan makin cinta kepada Firman. Dengan Iman dan harapan, saya semakin dicintai juga oleh Tuhan Yesus.

Dulu baca 1 pasal saja, langsung ngantuk. Baca 5 Pasal (1 MH) bergumul, tapi bila ada niat yang sungguh, bisa semakin rindu. Belakangan, ada pembatasan, dari GBA Centre, tidak bisa mengikuti lebih dari 1 Group (hanya bisa 1 MH/hari), mungkin didasarkan dari pengamatan atau berdasarkan penelitian yang baik, sehingga kebijakan peserta GBA hanya boleh 1 Group saja. Tak boleh lebih. Alasan lain, ada yang ikut 4 Group, setia melapor; Tapi diragukan, apakah sudah dibaca, atau hanya melapor. Sangat tergantung kepada orang yang bersangkutan, apakah dia membohongi Tuhan dengan tidak membaca MH setiap hari, tapi melapor. Walau hanya 1 MH, bisa juga tanpa membaca tapi melapor, tak ada sistem yang bisa mengeceknya.

Dengan bersyukur kepada GBA, saya sudah lebih mencintai membaca Firman Tuhan, atas dukungan GBA.

Saya berniat membuat ringkasan untuk mempermudah mengingat. Saya sudah menulisi banyak buku tulis, tapi belum disusun dengan rapi dan akan saya teruskan pelan-pelan. Saya berniat akan lebih giat lagi membaca dan mendengar Firman Tuhan, juga melalui sistem lain. Misalnya mendengar Firman di Youtube. Semua bisa dan tersedia. Dan pastinya akan seperti disegarkan kembali, karena sudah dibaca beberapa kali sebelumnya.

Cara belajar lainnya yaitu dengan mengikuti pembahasan oleh Ahli tertentu, atas surat-surat dan kitab-kitab di Alkitab. Misalnya Wahyu, Mazmur, Amsal, Ayub, dan lain-lain. Jadi kita makin dicerahkan. Ada beberapa pembahas yang berbeda, atas surat yang sama, tersedia berupa video di Youtube. Ada juga Pembelajaran lain, seperti 2 jam membahas isi Alkitab, dan ada yang 10 menit saja. Semuanya sebagai pembanding, tinggal niat kita untuk menyerap dan mendalami serta berserah pada Tuhan, agar kita diberikan hikmat untuk mengerti FirmanNya.

Membaca dan mendalami Firman Tuhan, tidak ada ruginya asal disertai Doa. Malahan semakin diberkati olehNya, karena kita mendekat. Bila kita malas dan menjauh, Tuhan pun menjauh dari kita. Seperti pengalaman Umat Israel, setiap mereka menyimpang ke kiri atau kanan, Israel akan dapat Ganjaran. Banyak kesaksian Alkitab yang merujuk ke sana. Jangan pernah merasa rugi bila dekat Tuhan dan jangan menjauh.

Terbetik di pikiran, memberi usul ke GBA, untuk mengadakan evaluasi ke peserta baca pada akhir baca. Mungkin berupa kuis yang sederhana. Pertanyaan yang mudah dan pasti bisa dijawab bila menyelesaikan MH sampai akhir. Agar bisa mengingatkan pembaca. Atau cara lain, misalnya setiap hari mengumpulkan 1 ayat dari MH yang dibaca (sangat berguna).

Mungkin tidak semua orang tertarik mendalami Alkitab lebih jauh atau dalam. Dengan berbagai alasan, misalnya sibuk kerja atau kuliah atau malas. Guyon: Baca Alkitab 2 pasal tak kuat, nonton TV atau siaran olah raga sampai 3 Jam santai.

Marilah kita tertarik lebih dalam lagi, ingin mengulang pembacaan, atau agar lebih mengingat secara lengkap, atas dasar niat dari hati yang paling dalam. Bukan hanya terdaftar, tapi tak dibaca MH-nya. Karena, membaca sekali saja, cukup mengerti tapi belum terekam secara baik. Dengan membaca kembali, ikut Grup lain, lebih mantap, makin terekam, tersegarkan.

Salam Sukses buat GBA dan semua Pengurus. Terutama Sahabat terbaik penuh semangat di Team N.

Tuhan Yesus memberkati kita semuanya. AMEN.

Kesaksian Oleh: Yanto Simanjuntak (GBA Team N)

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only