Arsip

Sosial Media GBA Center

21 July 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

A New Creation | 2 Korintus 5:17 (TB)

2 min read
A New Creation

A New Creation 2 Korintus 5:17

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” 2 Korintus 5:17 (TB)

Memasuki tahun yang baru, biasanya adalah kesempatan untuk memulai berbagai komitmen baru dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan kualitas hidup. Bagi kita sebagai anak-anak TUHAN, motivasi yang sama dapat kita gunakan bukan hanya untuk memperbaiki hidup kita secara jasmani, tetapi juga secara rohani.

Bacaan Firman TUHAN hari ini mengingatkan kita bahwa kini kita adalah ciptaan baru. Dahulu kita hidup dalam dosa. Kotor dan terhilang, tidak tahu kebenaran dan keselamatan. Tetapi setelah ditebus oleh pengorbanan Kristus, kita menjadi manusia baru. Kita masuk dalam golongan orang-orang yang diselamatkan. Artinya kita tidak hidup lagi dengan cara-cara lama yang berkubang dosa. Kita harus mengalami perubahan hidup.

Roma 12:2 menyatakan bahwa jangan lagi kita menjadi serupa dengan dunia. Melainkan harus ada pembaharuan budi, sifat dan karakter kita harus berubah. Perubahan kita pastinya harus dimulai dari perubahan pola pikir. Saat pola pikir kita dibaharui, segala hal lain akan mengikuti. Cara hidup kita, sifat karakter kita, kebiasaan-kebiasaan kita. Jangan lagi hidup dalam sifat lama kita, apalagi membanggakan keberdosaan kita.

Saat menghadapi gesekan-gesekan dalam kehidupan di tengah masyarakat ataupun dalam teamwork pelayanan maupun dalam pekerjaan, perlihatkanlah pola pikir ‘ciptaan baru’ kita. Yaitu tidak mudah tersinggung, tidak gampang marah ataupun menghakimi orang lain. Tidak mementingkan diri sendiri, belajarlah mendahulukan orang lain. Memiliki sifat rendah hati, selalu mau belajar, rela menerima teguran, dan mudah memaafkan. Jangan mau menang sendiri.

Kalimat-kalimat seperti, “Memang saya dari dulu seperti ini.” Atau, “Memang sifat saya seperti ini.” Juga, “Memang kemampuan saya hanya sebatas ini.” Kalimat-kalimat seperti ini harus dibuang! Hei, ingatlah, kita ini ciptaan yang baru. Jangan lagi membanggakan dan mempertahankan hidup lama kita. Berubahlah oleh pembaharuan pikiran kita, sehingga kita dapat mengerti kehendak ALLAH. Mengerti bahwa kehendak dan tujuan TUHAN dalam hidup kita ini terlalu besar. Mengerti bahwa Impian TUHAN bagi hidup kita sangat dahsyat. DIA tidak merancangkan hidup yang biasa-biasa saja bagi kita. Karena itu hiduplah sebagai ciptaan baru.

Meski langkah menuju kepada perubahan yang lebih baik mungkin adalah perjalanan yang panjang dan sukar, teruslah berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari. TUHAN akan memberi kekuatan dan kemampuan kepada kita. Biarlah di momentum tahun baru ini, kita semakin hari semakin fokus untuk menjadi manusia baru dalam pikiran, perkataan, dan tingkah laku kita.
GOD bless!

Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only