Arsip

Sosial Media GBA Center

25 June 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Mengalah Untuk Menang | Amsal 20:3 (TB)

1 min read
Mengalah Untuk Menang

Mengalah Untuk Menang Amsal 20:3

“Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.” Amsal 20:3 (TB)

Beberapa orang memiliki pendapat mengenai kedewasaan yang salah. Kedewasaan bukanlah pribadi yang kuat, yang tidak pernah menangis, tegar, tidak pernah keliru, tidak pernah salah, tidak pernah kalah, dan tidak pernah perlu meminta maaf. Ini pendapat yang salah. Alkitab mengajarkan bahwa manusia yang dewasa dan terhormat adalah manusia yang bisa jatuh, tapi selalu bangkit kembali. Bisa berbuat salah, namun segera menyadari, dan memiliki keberanian untuk mengakui kesalahan dan berani meminta maaf. Manusia dewasa mampu menerima kekalahan dan mengoreksi diri sendiri.

Namun, seringkali kita harus berhadapan dengan orang-orang yang sulit di sekitar kita. Mungkin ada yang suka memulai pertengkaran, menunjukkan kontrol diri sangat sedikit, dangkal, keras kepala, dan menganggap bahwa yang berbicara paling keras yang menang. Hindarilah orang-orang seperti ini. Kalau pun harus dihadapi, belajarlah mengalah. Tidak ada gunanya berjuang menang saat menghadapi orang seperti ini. Tidak ada yang akan menang dalam pertengkaran! Belajarlah untuk mundur, berdiam diri, dan mengalah. Waktu dan keadaan akan membuktikan kebenaran. Dan ada saatnya TUHAN menunjukkan pembelaanNya bagi kita.

Firman TUHAN hari ini juga mengajarkan bahwa manusia terhormat adalah orang yang menjauhi perbantahan dan tidak sembarangan mengumbar emosi dan tidak meledak-ledak. Mampu menguasai emosi, mampu mengendalikan lidah, dan menghindari pertengkaran. Manusia terhormat adalah orang yang rela mengalah, bukan karena salah atau bodoh, tapi karena berhikmat dan memiliki penguasaan diri. Milikilah karakter seperti ini. Karakter demikian menunjukkan karakter Kristus dan hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus.
GOD Bless!

Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only