Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Orang-Orang Aneh | Markus 9:40 (TB)

2 min read
Orang-Orang Aneh

Orang-Orang Aneh Markus 9:40

“Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” Markus 9:40 (TB)

Kisah dalam bacaan hari ini menceritakan tentang murid-murid Yesus yang merasa khawatir pada seseorang yang mampu mengusir setan dalam nama Yesus. Mereka berpikir, bahwa karena ia bukan salah satu dari para murid, maka mereka memarahi, mengeluh, serta mencoba membungkamnya. Akibatnya mereka tidak berpikir tentang keajaiban dan mujizat, mereka tidak peduli fakta bahwa ada orang-orang yang dibebaskan dari kuasa roh jahat. Tidak peduli kemuliaan yang dibawa kepada nama Yesus. Yang dilihat hanyalah orang ini bukan salah satu dari mereka—jadi pasti musuh.

Sadarkah kita bahwa kita pun seringkali bertindak demikian? Mungkin ada gereja dengan nama yang terdengar konyol dan memiliki selera musik yang buruk, menurut kita. Atau mungkin seseorang muncul ke gereja dengan rambut berwarna-warni, bertindik dan bertato. Atau mungkin justru sebaliknya, seseorang datang dengan berpakaian dan berperilaku begitu sempurna sehingga mengingatkan kita pada guru sekolah menengah yang membuat kita takut. Apa pun itu, karena mereka tidak sama dan begitu nampak berbeda, maka secara refleks kita menolak mereka.

Padahal kehidupan ini dipenuhi oleh orang-orang yang berbeda dengan kita. Tidak ada satu pun orang yang sama, bahkan jika mereka kembar identik. Dan bukan hanya berbeda secara fisik, tetapi juga dalam pemahaman dan pemikiran. Yesus mengingatkan bahwa orang itu bukanlah musuh, apalagi ia mampu membebaskan orang dari kuasa kegelapan karena menjunjung nama Yesus. Jika Anda membenci perbedaan, Anda sejatinya membenci seluruh manusia karena semua manusia diciptakan berbeda, tak ada orang yang sama di dunia ini. Kita diciptakan berbeda dan setiap orang pasti memiliki keunikannya masing-masing.

Bahkan sebenarnya kita semua memiliki sesuatu yang membuat kita dapat ditolak karena tidak layak dan tidak diinginkan. Namun, terpujilah TUHAN, IA tidak demikian. TUHAN melihat kita dengan caraNya yang ajaib. IA melihat kita dalam semua kesalahan dan dosa, serta keanehan kita, dan IA tetap mengingini kita untuk menjadi milik-Nya. Bahkan IA menyerahkan Anaknya yang tunggal, untuk menebus dosa kita agar kita layak menjadi umat-Nya. Pintu kerajaan Allah terbuka bagi kita, bagi orang-orang aneh, dan juga bagi mereka yang tidak cocok dengan kita. Yesus telah menjadikan kita milik ALLAH, tidak peduli betapa anehnya kita.

Sadarilah bahwa terkadang saat kita merasa orang lain aneh, mungkin orang tersebut pun merasa bahwa kita pun aneh dalam pandangannya. Karena itu janganlah refleks menolak orang yang berbeda cara pandang dan gayanya dengan kita. Janganlah menghakimi dan menjauhi. Terima dan hormatilah perbedaan, karena TUHAN mengasihi dan mau memakai semua orang sesuai porsi dan kapasitas masing-masing. Ingatlah, hidup masih akan membawa kita bertemu dengan beragam perbedaan. Nikmatilah dan jadilah berkat!
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

September 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only