Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Hidupku Bersih | Mazmur 119:6 (TB)

2 min read
Hidupku Bersih

Hidupku Bersih

Maka aku tidak akan mendapat malu, apabila aku mengamat-amati segala perintah-Mu. (Mazmur 119:6 TB)

Sebelum penulis membahas artikel hari ini lebih mendalam, terlebih dahulu ingin mengajak pembaca membayangkan dua situasi yang tidak asing dilihat dan didengar. Pertama, bayangkanlah ketika pembaca sedang bertamu ke rumah keluarga, kerabat, handai tolan, sahabat, tetangga atau mungkin pembaca tidak sedang bertamu tetapi berada di suatu tempat. Setelah beberapa jam, tiba-tiba pembaca ingin buang air dan saat masuk ke dalamnya, pembaca mendapati kamar mandi atau toilet dalam keadaan tidak bersih. Penulis yakin pasti tumbuh perasaan risih dan jijik ketika berada di dalamnya. Kedua, ingatlah saat pembaca belum mengalami kelahiran baru, saat pembaca mendengar cerita tentang seseorang yang mengalami kehamilan di luar pernikahan bahkan ada yang menggugurkannya; seseorang yang harus berurusan dengan hukum akibat melakukan tindakan kriminal. Penulis yakin ada tumbuh perasaan malu, geram bahkan rasanya ingin menghakimi orang itu. Dari kedua keadaan tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa semua orang menyukai kebersihan dan mengharapkan orang lain juga demikian karena kebersihan merupakan salah satu ndikator seseorang memahami artinya menjadi garam dan terang.

Menjadi garam dan terang berarti tidak membuat sesama berdosa dengan hati dan pikiran mereka yang seringkali diluapkan dalam ucapan karena melihat dan mendengar hidup kita yang tidak bersih. Setiap orang diperhadapkan dengan pilihan, apakah lebih memilih untuk hidup bersih dengan melawan rasa lelah, rasa malas, emosi sesaat, dan kenikmatan sesaat atau memilih untuk mengikutinya? Jika pertanyaan tersebut dikaitkan dengan nats di atas, kita diingatkan untuk melawan bukan mengikutinya.

Selain menjaga hidup tetap bersih, menjadi garam dan terang berarti menyadari bahwa Tuhan bukanlah pemilik hidup kita saja melainkan juga sesama. Jadi, kalau kita mendapati seseorang memiliki salah satu aspek hidup tidak bersih, entah dalam hal kebersihan tubuh; kebersihan tempat atau kebersihan secara moral, sudah sepatutnya bagi kita yang telah konsisten menjalankan hidup bersih agar tidak menghakimi karena tentu ada penyebabnya. Nasihatkankah mereka dengan penuh kelemahlembutan dan doakanlah agar tumbuh kesadaran dalam hati dan pikiran bahwa mereka adalah harta kesayanganNya yang patut untuk dijaga dan harus menjaga orang lain karena orang lain juga merupakan harta kesayanganNya.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=mazmur&chapter=119&verse=6
  2. https://bersamakristus.org/makna-garam-dan-terang-dunia/
Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only