Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Prince of Egypt | Keluaran 3:10 (TB)

2 min read

Prince of Egypt Keluaran 3:10

“Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.” Keluaran 3:10 (TB)

Arti nama Musa adalah ditarik dari air. Musa yang seharusnya dibunuh sebagai bayi orang Ibrani, malah dibesarkan sebagai seorang pangeran Mesir. Tentunya Musa mendapatkan pendidikan kelas satu sebagai seorang pangeran di negara yang terbilang paling maju peradabannya masa itu, baik pendidikan formal maupun militer. Bahkan kemungkinan Musa tumbuh besar dalam lingkaran pergaulan para pangeran dan para putri Mesir, dan mengenal Firaun sejak kecil. Yang kemudian harus terus ditentangnya demi mengeluarkan bangsa Israel dari penjajahan bangsa Mesir. Perhatikanlah bahwa saat TUHAN memilih seseorang, TUHAN bahkan menyiapkan latar belakang yang sempurna bagi orang tersebut.

Musa pun menanggapi panggilan dan pilihan TUHAN atas hidupnya. Sejak muda ia menyadari bahwa ia harus berbuat sesuatu bagi bangsa Israel. Musa tidak pernah terlena oleh zona nyaman sebagai pangeran. Musa tahu siapa dirinya dan siapa bangsanya. Musa kemudian mengambil tanggung jawab yang sedemikian besarnya atas hidup seluruh bangsa Israel. Memimpin seluruh bangsa tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi di medan yang sulit dengan orang-orang yang tegar tengkuk.

Setelah menerima tanggung jawab besar, Musa tidak pernah membantah ataupun mempertanyakan keputusan TUHAN, kecuali untuk meminta belas kasihan bagi bangsa Israel. Musa menjadikan TUHAN sebagai Jendral dan taat seumur hidupnya, walaupun mungkin terkadang keputusan TUHAN berat untuk diterima Musa.

Alkitab menyatakan bahwa tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang berbicara dengan berhadapan muka dengan TUHAN sendiri, seperti Musa. Dan tidak ada yang menyamai segala tanda, mujizat dan perbuatan kekuasaan dan kedahsyatan seperti yang dilakukan Musa di depan seluruh bangsa Israel (Ulangan 34:11-12). Dan Musa juga tercatat sebagai orang yang paling lembut hatinya di seluruh muka bumi (Bilangan 12:3).

Hari ini mari belajar dari kehidupan Musa. Tidak terlena dengan zona nyaman, tapi bangkit bekerja bagi TUHAN. Dan walaupun berada dalam situasi yang sulit, tetap taat pada aturan TUHAN dan terus mengusahakan yang terbaik.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only