Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Jangan Latah! | Yakobus 1:19 (TB)

1 min read

jangan latah, kontrol mulut

“Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;” Yakobus 1:19 (TB)

Disadari atau tidak, kecenderungan manusia adalah mencari dan membicarakan hal-hal negatif dari suatu hal, suatu peristiwa, maupun kehidupan orang lain, dibandingkan membicarakan hal-hal positif yang membangun. Seringkali, semakin negatif suatu berita, semakin seru dikomentari maupun dipergunjingkan oleh masyarakat. Apalagi di zaman internet hipercepat ini, kesempatan untuk mengekspos kehidupan pribadi maupun orang lain melalui media sosial, semakin terbuka lebar. Kesempatan untuk mengomentari, mencela, menghina, bahkan memaki orang yang tidak dikenal pun ikut terbuka. Selain itu juga, banyak kesempatan untuk menyebarkan hasutan emosional, berita bohong, dan kabar yang tidak pernah terjadi.

Pelajaran kebijaksanaan dari ayat Firman TUHAN hari ini adalah agar kita cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata dan lambat untuk marah. Belajar mengontrol mulut adalah hal yang bijak. Amsal 10:19 mengatakan “Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi orang yang menahan bibirnya berakal budi.”

Biarlah hari ini kita belajar untuk tidak cepat mengomentari segala sesuatu, belajar menahan mulut, dan hanya membuka mulut untuk mengeluarkan kata-kata yang berhikmat dan penuh kasih. Belajar untuk tidak latah menyebar berita yang kita tidak tahu pasti kebenarannya, dan juga tidak latah mengomentari kehidupan pribadi orang lain. Jangan menjadi haters. Jangan menjadi serupa dengan dunia dalam segala kemorat-maritan emosional dan informasinya. Berdirilah teguh dalam kebenaran Firman TUHAN, taburkanlah hikmat dan sebarkanlah kasih.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only