Arsip

Sosial Media GBA Center

14 July 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Compassion Heart | Matius 9:13 (TB)

2 min read
Compassion Heart

Compassion Heart

“Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” (Matius 9:13 TB)

Penulis teringat dengan khotbah salah seorang pendeta beberapa bulan lalu di gereja lokal tempat penulis beribadah. Beliau mengatakan, kita tidak mungkin mengasihi Tuhan yang tidak kelihatan jika kita rajin beribadah tetapi tidak memiliki belas kasihan. Perlu pembaca ketahui bahwa belas kasihan lebih kuat dari empati sebab belas kasihan tidak hanya merasakan penderitaan orang lain melainkan disertai tindakan nyata untuk mengurangi penderitaannya. Ada dua tokoh yang sangat terkenal di dunia karena belas kasihan, yaitu Anak Manusia itu sendiri dan Mother Teresa.

Kita sama-sama mengetahui bahwa Anak Manusia diutus sebagai tabib untuk menyembuhkan orang yang sakit secara fisik, mental, dan rohani yang diwujudnyatakan melalui pergaulanNya dengan pemungut cukai dan orang berdosa lainnya. Kita sama-sama mengetahui bahwa Mother Teresa adalah orang yang merelakan kehidupannya yang nyaman sebagai seorang biara untuk melayani orang yang menjadi beban bagi masyarakat dan dihindari oleh semua orang. Penulis sangat mengagumi mereka karena Anak Manusia adalah kasih itu sendiri dan Mother Teresa mengarahkan pandangannya terhadap Dia.

Perlu diakui, tanpa disadari kita rajin beribadah tetapi suka menghakimi sesama yang masih hidup dalam dosa bahkan kita menghasut orang lain untuk menjauhi mereka seakan tak ada lagi harapan untuk bertobat. Jika pembaca atau mungkin orang yang pembaca kasihi yang saat ini masih melakukannya, izinkanlah penulis untuk mengingatkan agar senantiasa mengikuti teladanNya dan meminta hati yang penuh belas kasihan serta kemampuan untuk melakukannya lalu belajar dari contoh lain yang dapat dijadikan panutan, salah satunya ialah Mother Teresa.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?passage=Mat%209:9-13
  2. https://jagokata.com/arti-kata/empati.html
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Belas_kasihan
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Bunda_Teresa
Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only