Arsip

Sosial Media GBA Center

25 June 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Tahu Diri | Ulangan 8:17-18 (TB)

2 min read

Tahu Diri Ulangan 8:17-18

“Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini. Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.” Ulangan 8:17-18 (TB)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tahu diri berarti menyadari keadaan diri. Menyadari siapa diri kita dan menyadari keadaan kita sebagai manusia yang tidak punya apa-apa. Memang benar bahwa sebagai manusia kita datang ke dunia ini dengan telanjang tanpa membawa apapun juga. Kita pun akan meninggalkan segalanya saat kita berpulang. Semua yang kita miliki di dunia saat ini hanyalah pemberian dan titipan TUHAN. Karena itulah kita harus tahu diri.

Dalam Firman TUHAN hari ini, Musa dengan tegas memperingati bangsa Israel untuk menyadari bahwa apapun yang ada pada mereka, semua adalah pemberian TUHAN. Kalaupun kita memiliki kekayaan, semua itu pun diperoleh karena kemurahan TUHAN. Karena TUHAN mengaruniakan kekuatan dan kesehatan yang memampukan kita bekerja untuk menghasilkan uang. Karena itu jika kita memiliki kekayaan, janganlah sombong dan merasa bangga, merasa mampu, merasa hebat. Sebab semua seyogianya adalah milik TUHAN. Kita hanya dipercayakan untuk mengelolanya.

Biarlah hari ini kita menyadari bahwa apapun yang ada pada kita semuanya adalah milik TUHAN. Belajarlah bersyukur untuk segalanya dalam hidup kita. Belajarlah mengelola dengan bijak dan tidak mementingkan diri sendiri saat kita dipercayakan kekayaan. Selalu ingat bahwa kita datang ke dunia dengan telanjang dan akan berpulang tanpa membawa apapun juga sehingga kita bisa menjalani hidup ini dengan tahu diri dan selalu bersyukur. Amin.
GOD Bless!

Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only