Arsip

Sosial Media GBA Center

19 June 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Saling Membutuhkan | Roma 12:5 (TB)

2 min read
Saling Membutuhkan

Saling Membutuhkan

Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. (Roma 12:5 TB)

Allah yang kita sembah adalah Pribadi yang Mahatahu. Itulah sebabnya, semua diciptakanNya seimbang dan saling memberikan manfaat. Matahari diciptakan untuk menerangi bumi dan manusia membutuhkan matahari untuk menjemur makanan dan mengeringkan pakaian. Pohon diciptakan untuk mencegah banjir serta memberikan kualitas udara yang baik dan manusia membutuhkan pohon untuk berteduh dan mendapatkan makanan. Air diciptakan untuk menumbuhkan tanaman dan manusia membutuhkan air untuk minum dan melakukan aktivitas mandi, cuci, kakus. Penulis tidak perlu menyebutkan ciptaanNya yang lain karena pembaca telah mengetahuinya namun satu hal, bukan hanya antarciptaan yang saling membutuhkan dan memberikan manfaat melainkan juga manusia itu sendiri, yang diciptakanNya laki-laki dan perempuan dengan anggota tubuh yang tersusun sedemikian rupa serta bakat dan karunia yang disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh yang bersangkutan sehingga satu sama lain dapat menolong dan melengkapi dalam menjalankan pelayanan.

Manusia mulai memikirkan dirinya sendiri dan menjadi serakah sejak masuknya dosa seiring dengan perkembangan zaman. Akibatnya, semua ciptaanNya tidak lagi berjalan sesuai dengan tujuan semula dan manusia tidak lagi menghargai dirinya sendiri dan sesama lantaran memiliki pandangan bahwa dalam segala hal kita adalah yang terunggul dan terpopuler. Pandangan demikian merupakan penyebab utama hancurnya keluarga dan rekan sepelayanan; alasan mengapa pelayanan gereja dan tempat kerja tidak dapat berjalan dengan baik sehingga jemaat dan konsumen tidak dapat terlayani dengan baik.

Bagi pembaca atau mungkin orang yang pembaca kasihi yang saat ini selalu menginginkan dirinya lebih unggul dan populer, izinkan penulis untuk menguraikan beberapa contoh sebagai bahan perenungan. Bagaimana rasanya jika bumi hanya ada matahari tanpa ada air dan pohon? Betapa panas, kering, dan gersangnya bumi ini. Bagaimana caranya menjalani hidup jika organ tubuh diciptakan tidak pada tempatnya? Pasti manusia tidak dapat beraktivitas dengan baik dan nyaman. Jadi, seberapapun besar keberhasilan yang dicapai saat melayani di gereja dan tempat kerja di masa sebelumnya tidak boleh dijunjung terlampau tinggi sebab dapat menutup rapat pintu hati untuk menerima masukan dan menjadi pemicu untuk terjadinya pertengkaran yang berakhir dengan perpecahan. Kita harus merendahkan hati dan menyadari bahwa keberhasilan tersebut berasal dari kasih karuniaNya. Tidak berhenti sampai di situ, kita harus lebih dalam menggali kemampuan serta mencari tahu bakat dan karunia yang kita miliki. Jika artikel hari ini dibaca dengan seksama dan merenungkannya, percayalah bahwa hubungan kita dengan sesama berjalan dengan baik guna pelayanan yang jauh lebih baik dari masa sebelumnya.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=45&chapter=12&verse=5

Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only