Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Berkenan di Hati Tuhan | 1 Samuel 13:14b (TB)

2 min read

“TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya,” 1 Samuel 13:14b (TB)

Saat disandingkan antara seorang remaja yang bahkan kurang diperhatikan oleh orang tuanya sendiri, yang pekerjaan sehari-harinya menggembalakan dua-tiga ekor domba, dengan seorang pahlawan yang berpengalaman memenangkan berbagai perang, yang memiliki fisik luar biasa gagah dan tercatat sebagai salah satu orang dengan tinggi badan tertinggi di antara kaum bangsanya, ternyata yang terpilih adalah sang remaja! Mengapa?

TUHAN bukanlah Pribadi yang memilih berdasarkan perspektif manusia. Manusia melihat fisik, pengalaman, kepintaran, serta hal-hal lahiriah sebagai cerminan dari keseluruhan pribadi dan kehidupan orang itu. Tetapi TUHAN melihat jauh kedalam hati, TUHAN melihat dan menilai dari hal-hal yang tidak kelihatan. TUHAN melihat keseluruhan kehidupan dan kepribadian seseorang yang sesungguhnya.

Daud dipilih TUHAN bukan karena TUHAN terkesan dengan riwayat pengalamannya, namun karena Daud adalah pribadi yang berkenan di hati TUHAN. Daud adalah seorang pribadi yang jujur, berani, dan rendah hati. Daud mengasihi TUHAN dengan hati yang tulus. Mazmur yang ditulis Daud menunjukkan cintanya pada Tuhan yang begitu dalam dan bagaimana ia sungguh-sungguh hidup hanya mengandalkan TUHAN saja. Daud adalah seorang pemuji dan penyembah yang memiliki hati yang menyukakan hati TUHAN. Mazmur bercerita tentang kedalaman hubungan Daud dengan TUHAN. Di saat galau maupun di tengah kesulitan dan ketakutan, bagaimana Daud berlari ke Hadirat TUHAN mencari pertolongan dan beroleh ketentraman.

Perjalanan hidup Daud tidak mudah, ia berpindah dari peperangan yang satu ke peperangan yang berikutnya, ia hidup dikejar-kejar musuh, pengikutnya adalah orang-orang bermasalah dan para preman yang kemudian terbukti menjadi pahlawan-pahlawan gagah perkasa yang bersumpah setia kepada Daud. Walaupun pastinya melewati proses yang sulit, tetapi Daud adalah seseorang yg rendah hati yang bersedia dibentuk oleh TUHAN menjadi seorang pemimpin sejati dan pantas menjadi raja Israel. Daud memiliki hati dan kualitas kepribadian yang berkenan bagi TUHAN. Itulah alasan mengapa Daud dipilih oleh TUHAN.

TUHAN tidak mencari orang-orang hebat atau gagah untuk melakukan pekerjaanNya, tetapi TUHAN memerlukan alat-alat yang berkenan bagiNya, agar pekerjaanNya dapat dilakukan dengan tepat, sesuai kehendakNya. Hari ini mari kita renungkan, apa yang TUHAN lihat saat DIA melihat kita? Apakah TUHAN menemukan kualitas kepribadian yang DIA inginkan dari hidup kita? Apakah kita sudah berkenan bagi DIA?
God bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

June 2021
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only