Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

GOD’s Will | 1 Yohanes 2:3-5 (TB)

2 min read
GOD's Will

GOD's Will 1 Yohanes 2:3-5

“Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.” 1 Yohanes 2:3-5 (TB)

Kunci untuk dapat hidup sama dengan KRISTUS adalah kita harus memiliki kedisiplinan rohani. Salah satu teladan yang TUHAN YESUS tunjukkan adalah bahwa IA memiliki disiplin rohani yang tinggi. YESUS menunjukkan bahwa IA berkomitmen dengan apa yang menjadi tugasNya di bumi. IA berkomitmen dengan kata-kata dan janji-janjiNya. IA berkomitmen dalam segala aspek hidupNya. Itu semua adalah tanda bahwa YESUS memiliki disiplin rohani yang tinggi.

Sebenarnya, apa saja yang dimaksud dengan disiplin rohani? Hidup disiplin adalah hidup yang selalu siap dan rela meninggalkan dosa. Dalam Ibrani 12:1 dikatakan, “Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.” Kedisiplinan selalu dimulai dengan korban. Disiplin artinya mengesampingkan keinginan pribadi, dan mendahulukan apa yang diinginkan TUHAN dalam hidup kita.

Bukan berarti bahwa dengan berdisiplin kita memiliki hidup yang menderita. Sama sekali tidak demikian. Hidup disiplin justru akan membawa kita ke dalam standar kebahagiaan dan kesuksesan ALLAH. Pengorbanan yang kita berikan adalah pengorbanan membuang dosa dan tidak mengikuti keinginan daging. Tidak lagi menghidupi keinginan daging dan melakukan apa yang memang sesuai dengan kehendak ALLAH untuk mendatangkan kemuliaan bagi nama-Nya dan menjadi kesaksian bagi orang lain. Jelas bukan untuk membuat kita merana.

Kedua, orang yang hidup disiplin mempunyai tujuan hidup yang jelas. Dalam Kisah Para Rasul 20:22-24 dikatakan bahwa Paulus pun memiliki disiplin rohani yang tinggi, yaitu ketaatan terhadap tuntunan ROH KUDUS. Disiplin untuk selalu mencari kehendak TUHAN-lah yang membuat orang-orang percaya mampu untuk menyelesaikan perjuangan iman dalam perjalanan hidup dan setia sampai garis akhir.

Ketiga, orang yang disiplin bisa menguasai diri dengan baik. Roma 12:3 memberikan suatu teladan bagaimana KRISTUS setia menanggung segalanya dalam penguasaan diri yang absolut. Keempat, orang yang disiplin rohani akan mengerti posisinya dalam TUHAN dan posisinya di tengah dunia. Sehingga tidak akan mudah digoyahkan oleh hal-hal yang tidak menentu yang terjadi di sekeliling mereka. Orang-orang yang memiliki disiplin rohani memahami bahwa keseluruhan hidup mereka adalah untuk memahami dan melakukan apa yang TUHAN kehendaki dalam hidup mereka. Mereka memahami letak kekuatan dan kekurangan mereka, dan karenanya dapat bekerja sesuai dengan talenta yang diberi oleh TUHAN.

Selain itu, orang yang memiliki disiplin rohani selalu mengucap syukur atas segala berkat yang TUHAN berikan, dan atas segala hal yang TUHAN izinkan terjadi dalam hidupnya.

Disiplin rohani untuk melakukan kehendak TUHAN, memerlukan perjuangan dan komitmen. Disiplin rohani menuntut ketekunan, kesetiaan dan kesiapan hati untuk rela berkorban dan meninggalkan hidup lama. Karena tidak ada keberhasilan tanda disiplin. Dan tidak mungkin hidup seperti KRISTUS, tanpa disiplin rohani. Tetapi orang yang hidup dengan disiplin rohani akan mendapatkan anugrah, kekuatan dan kelimpahan yang datang dari TUHAN. Amin.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only