Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Sayangi Mertua Layaknya Orangtua Kandung | Rut 1:16-17 (TB)

2 min read

Tetapi kata Rut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmu Allahku; di mana engkau mati, aku pun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apa pun memisahkan aku dari pada engkau, selain dari pada maut!” (Rut 1:16-17 TB)

Setelah kedua anaknya menyusul kepergian sang suami untuk selamanya; ketika dalam perjalanan menuju tanah Yehuda, Naomi menyuruh Orpa dan Rut untuk pulang ke tanah kelahiran merekadan kembali menikah. Sesungguhnya, ini merupakan peluang besar bagi Rut untuk mengikuti jejak Orpa yang kembali ke tanah kelahiran akan tetapi tidak dilakukan lantaran ia begitu menyayangi Naomi layaknya orangtua kandung; tidak hanya ditunjukkan melalui perkataan melainkan juga melalui tindakan (Rut 1:16-17; 2:2, 22-23; 3:1-6).

Mulailah belajar dari sekarang untuk menyayangi mertua layaknya orangtua kandung meski seringkali mengucapkan kritik tajam karena beranggapan bahwa kita tidak memberi istri nafkah, tidak bisa mengurus suami, tidak bisa masak, tidak pintar mengatur rumah, dan tidak bisa mengurus anak. Dengan menganggap mertua layaknya orangtua kandung, kita akan menjadikan semua kritik tajam sebagai motivasi serta melakukannya dengan setulus hati sehingga kita bisa menjadi suami atau istri yang lebih baik lagi untuk anaknya.

Meski mertua sudah tidak punya hak penuh namun satu hal yang pasti bahwa, kritik tajam yang terucap bertujuan agar kita bisa menjadi suami atau istri yang terbaik bagi anaknya.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?passage=Rut%201:1-16
  2. https://gkipi.org/dinamika-hubungan-ibu-mertua-dan-menantu-perempuan/

Mari Bergabung di komunitas baca Alkitab di Gerakan Baca Alkitab!
Info lebih lanjut silahkan baca di website ini

Share Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Event & Kegiatan

September 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only