Arsip

Sosial Media GBA Center

25 June 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Tuhan Pemimpinku | Keluaran 13:21 (TB)

2 min read
Tuhan Pemimpinku

Tuhan Pemimpinku Keluaran 13:21

“TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.” Keluaran 13:21 (TB)

Beberapa bulan lalu kita belajar tentang karakter seorang pemimpin yang sejati. Yesus sungguh adalah seorang pemimpin yang sejati. IA memberikan segalanya -bahkan nyawaNya– bagi para pengikutNya. IA adalah seorang Pemimpin yang melayani. IA tidak pernah meminta keistimewaan, tidak pernah minta dilayani atau dihormati. Malahan IA menyediakan segalanya bagi para muridNya. IA mengajar, mendidik, melindungi, menjaga, membela, bahkan peduli sampai pada hal-hal kecil dari kehidupan para muridNya. Contohnya Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus yang sakit.

Demikianlah sebenarnya sifat ALLAH kita. Selalu menyediakan. Selalu memimpin kita dengan cara yang ajaib. Ayat renungan hari ini pun mengajarkan kepada kita bahwa cara ALLAH memimpin bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan di Mesir, melewati padang gurun hingga memasuki Tanah Perjanjian, sungguh unik dan ajaib. Sesuai ciri khas TUHAN kita. Tiang Awan di siang hari, dan Tiang Api di malam hari.

Tiang Awan dan Tiang Api ini menunjukkan kehadiran TUHAN di tengah-tengah bangsa Israel. KehadiranNya adalah untuk memimpin, menjaga, memberkati. Tidak ada satu kisah pun yang menceritakan kegagalan ataupun kelalaian TUHAN menjaga bangsa Israel sehingga mengalami kemalangan atau hal yang kurang baik apapun sepanjang perjalanan mereka di padang gurun. Semua hal yang kurang baik hanya datang akibat kesalahan, keserakahan, dan kejahatan mereka sendiri sehingga membangkitkan murka TUHAN.

Memang jika kita renungkan sungguh-sungguh, keadaan mereka tidaklah mudah, dan mungkin juga tidak nyaman. Tetapi TUHAN memang tidak menjanjikan keadaan yang mudah, jalan yang mulus dan nyaman selama kita berjalan dalam pimpinanNya. Karena jalan yang mudah dan nyaman tidak akan membentuk karakter kita menjadi kuat dan tangguh. Tetapi TUHAN menjanjikan penyertaan, perlindungan, penjagaan, dan damai sejahtera yang melampaui pemikiran kita. KehadiranNya memelihara kita, pimpinanNya menguatkan dan menjaga kita.

Hari ini, mari berjalan dalam pimpinanNya. Seperti Tiang Awan dan Tiang Api tersedia bagi bangsa Israel. Biarlah kehadiranNya, penyertaanNya, perlindunganNya dan pimpinanNya selalu nyata dalam hidup kita. Dan kita pun taat mengikuti pimpinanNya. Amin.
GOD bless!

Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only