Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Teladan Berbuat Baik | Titus 2:7a (TB)

2 min read

Teladan berbuat baik Menolong orang lain

“Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik.” Titus 2:7a (TB)

Sebagai seorang pendidik, tugas wajib yang harus dilakukan oleh semua mahasiswa di kelas saya adalah melakukan 1 perbuatan baik dan membuat laporannya untuk dikumpulkan pada setiap pertemuan perkuliahan. Apapun mata kuliah yang saya ajarkan, baik pada semester ganjil maupun genap, tugas ini tetap menjadi tugas wajib. Walaupun mungkin kurang relevan dengan mata kuliah saya, namun tugas untuk melakukan perbuatan baik ini telah menjadi ciri khas kelas saya.

Setiap mahasiswa di kelas saya, wajib melakukan satu saja perbuatan baik dalam seminggu. Apapun itu, khususnya hal-hal sederhana sehari-hari. Harus dilakukan dengan dasar hati yang tulus tanpa mengharapkan imbalan. Respon setiap mahasiswa yang menerima tugas ini berbeda-beda. Rata-rata pada awalnya mereka merasa aneh menerima tugas ini. Pernah seorang mahasiswa bertanya, “Bagaimana jika saat melakukan perbuatan baik menolong orang lain, tetapi orang yang ditolong tidak mengucapkan terima kasih?” Saya kemudian menegaskan bahwa, tidak penting bagaimana respon orang yang kita tolong maupun orang yang menerima perbuatan baik kita. Yang penting adalah kita belajar untuk sigap berbuat baik dengan dasar hati yang tulus. Sebab kita berbuat baik bukan untuk menerima pujian. Tetapi adalah kewajiban sebagai anak Bapa Yang Maha Baik.

Tujuan awal saya memberikan tugas ini sebenarnya sangat sederhana. Saya hanya ingin membangun kebiasaan berbuat baik, ringan tangan dan cepat tergerak untuk membantu, di manapun, kapan pun dan dalam situasi apapun. Belajar untuk memperhatikan dan mendahulukan orang lain. Belajar untuk melayani orang lain. Dan tentunya kebiasaan ini timbul dari hati yang tulus. Dengan harus rutin melakukan tugas ini setiap minggu dalam satu semester, saya berharap anak-anak didik saya menjadi terbiasa berbuat baik, lebih memperhatikan dan peka dengan kebutuhan orang-orang di sekitar mereka. Dan dengan demikian membangun suatu sikap dan kebiasaan yang baik. Kemudian membentuk lingkaran perbuatan baik. Yang pada akhirnya akan mempengaruhi suatu lingkungan menjadi lebih baik.

Mari kita semua belajar membangun kebiasaan berbuat baik. Sebab itu adalah ciri khas kita sebagai anak Bapa Yang Maha Baik. Jadilah teladan dalam berbuat baik.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only