Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Semua Anggota Keluarga Harus Belajar Berempati | Roma 12:15 (TB)

1 min read

Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! (Roma 12:15 TB)

Secara umum, empati merupakan kemampuan seseorang untuk menyadari perasaan orang lain dan melakukan tindakan untuk membantu. Dari pengertian tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa orang yang memiliki rasa empati adalah orang yang mengerti benar akan kasih Kristus sehingga begitu mudah merasakan kebahagiaan, kesedihan, beban, serta penderitaan yang dirasakan oleh orang lain melalui tindakan nyata.

Bagaimana bisa berempati pada masyarakat luas sementara pada keluarga sendiri tidak pernah mempraktekkannya, oleh sebab itu melalui artikel hari ini kita belajar mengenai beberapa contoh tindakan empati sehingga setelah kita membaca artikel hari ini, dapat memberitahukannya pada anggota keluarga untuk bersama-sama mempraktekkannya. Berikut adalah contohnya: turut merasakan lelah yang dirasakan orangtua dengan membantu mereka membersihkan rumah, tidak membantah saat diberi nasihat; menghargai hasil jerih payah suami dengan tidak menghambur-hamburkan uang bulanan dengan membeli barang yang tidak terlalu penting; dengan penuh sukacita meluangkan waktu untuk mendengar curahan hati istri; mengajar saudara kita yang sedang kesulitan mengerjakan tugas dari sekolah atau kampus.

Beberapa contoh yang sudah dipaparkan di atas harus kita praktekkan secara berulang-ulang sehingga secara otomatis kita menjadi lebih mudah berempati pada orang lain.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?passage=Roma%2012:15
  2. https://dosensosiologi.com/contoh-empati/
Share Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Event & Kegiatan

September 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only