Arsip

Sosial Media GBA Center

25 June 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Proses Partikel | Roma 5:3b-4 (TB)

2 min read
Proses Partikel

Proses Partikel Roma 5:3b-4

“karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.” Roma 5:3b-4 (TB)

Mebel atau furniture di zaman sekarang ini sudah jarang yang menggunakan bahan kayu solid. Bahan yang paling sering digunakan adalah papan partikel. Selain harga lebih murah, papan partikel juga lebih mudah dibentuk menjadi berbagai ragam model. Papan partikel sesungguhnya terbuat dari serbuk kayu yang dipanaskan dan mengalami tekanan tinggi. Hingga dari serbuk yang rapuh, bisa menjadi papan partikel yang kuat dan berfungsi sebagai bahan utama pembuatan furniture.

Demikian pula hidup kita. Pergumulan dan tekanan hidup TUHAN izinkan terjadi dalam hidup kita bukan untuk menghancurkan kita, tetapi untuk mengubah karakter kita. Mengubah yang lemah menjadi kuat, yang rapuh menjadi kokoh. Seperti kisah rajawali dalam renungan hari-hari kemarin. Melewati proses yang berat menjadikan rajawali sebagai raja unggas yang kuat terbang mengatasi badai.

Ayat renungan hari ini yang ditulis oleh Rasul Paulus bukan hanya teori. Jika kita pelajari kisah penginjilan yang dijalani Rasul Paulus dan para rasul lain, kita menyadari bahwa setiap rasul menghadapi tantangan, tekanan, dan ujian dalam pelayanan mereka. Tetapi mereka merespon dengan baik dan menikmati segala berkat di balik penderitaan dan kesengsaraan mereka.

Ayub pun adalah orang yang kenyang dengan ‘proses partikel’. Mengalami tekanan hidup yang luar biasa, Ayub justru berkata, “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.” (Ayub 23:10). Paulus dan Ayub tahu persis bahwa ujian hidup tidak akan mematikan, tetapi akan memurnikan. Bukan menghancurkan, tetapi menguatkan karakter.

Karena itu, jika hari ini Anda sedang menjalani ‘proses partikel’, sedang dipanaskan dan berada dalam tekanan tinggi, janganlah menjauh. Janganlah melarikan diri. Melainkan bersyukurlah sebab serbuk kayu sedang bermetamorfosa menjadi papan partikel. Yang lemah jadi kuat, yang rapuh jadi kokoh. Yang tidak berdaya menjadi berguna. Percayalah bahwa ‘proses partikel’ yang sedang kita jalani akan memunculkan karakter Kristus dalam diri kita. Amin.
GOD Bless!

Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only