Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Murka Tuhan atas Barangsiapa yang Tidak Mau Mengucap Syukur | Bilangan 12:9-10 (TB)

2 min read

Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap mereka, lalu pergilah Ia. Dan ketika awan telah naik dari atas kemah, maka tampaklah Miryam kena kusta, putih seperti salju; ketika Harun berpaling kepada Miryam, maka dilihatnya, bahwa dia kena kusta! (Bilangan 12:9-10 TB)

Melalui perkara Musa menikahi wanita Kush, terlihat jelas bagaimana kepribadian ketiganya; Miryam adalah pribadi yang suka menghakimi meskipun ia adalah orang yang begitu bersemangat memuji dan memuliakan Tuhan, Harun adalah pribadi yang mudah goyah dan mudah terprovokasi meskipun ia telah dipilihNya menjadi seorang imam sehingga tidak mengherankan apabila ia mendukung Miryam untuk memberontak padaNya; mengatakan dengan tersirat bahwa Musa sudah tak pantas lagi menjadi seorang nabi akan tetapi Musa lebih memilih untuk tidak membalas karena ia adalah pribadi yang lembut hati. Dia menganggap apa yang mereka katakan perihal Musa adalah suatu pemberontakan hingga pada akhirnya kita semua tau bahwa salah satu di antara mereka berdua terkena penyakit kusta. (Keluaran 15:20-21, 32:1-4; Bilangan 12:1-10)

Apa yang dikatakan oleh Miryam dan Harun sudah begitu menjelaskan betapa mereka tidak bersyukur. Mereka tak ingin hanya Musa yang mendapat hak istimewa mendengar suaraNya sehingga tidaklah mengherankan apabila perkara wanita Kush mereka jadikan cela agar Musa tidak lagi menjadi seorang nabi.

Seringkali kita seperti Miryam dan Harun yang tidak bersyukur atas segala hal yang sudah Dia berikan. Saat melihat orang lain berbuat salah kita hakimi kemudian meminta Dia untuk mengambil semua berkat yang sudah orang itu miliki lalu memberikannya pada kita. Kalau kita terus-menerus tidak mau bersyukur, mungkin sekarang kita masih aman namun suatu saat, Tuhan akan turunkan murka atas kita bukan pada orang yang kita lihat berbuat salah. Murka yang biasa Tuhan turunkan, seperti: kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terkasih, mengalami kecelakaan, mengidap penyakit berat.

Artikel hari ini merupakan peneguhan bagi kita untuk mengucap syukur mulai dari sekarang. Meskipun berat tapi kita pasti bisa, asal kita terus berusaha dan meminta pertolongan serta kekuatan dariNya. Bukan supaya kita terhindar dari murkaNya melainkan memang kewajiban kita sebagai manusia yang telah menerima karya penebusanNya di kayu salib.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=4&chapter=12&verse=9
  2. https://bit.ly/30g1Y5g
Share Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Event & Kegiatan

October 2020
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only