Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Mintalah Tuhan Berjalan Bersama Kita | Keluaran 34:9 (TB)

2 min read

Serta berkata: “Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu.” (Keluaran 34:9 TB)

Keluaran 34:9 merupakan pengulangan atas permohonan Musa pada saat ia naik ke gunung Sinai untuk kedua kalinya. Pada pasal sebelumnya, Tuhan menegaskan hanya malaikatNya yang menuntun mereka berjalan menuju tanah perjanjian agar mereka tidak dibinasakan oleh amarah Tuhan yang menyala-nyala akibat dosa yang diperbuat bangsa Israel dengan membuat patung lembu tuangan, bersujud menyembah serta mempersembahkan korban pada patung itu sehari setelah Musa menerima dua loh batu yang pertama. Musa tak ingin bila Tuahn tidak membimbing bangsa tersebut menuju tanah perjanjian, oleh sebab itu, ia memohon dengan sangat agar Tuhan mau menunjukkan kemuliaanNya sehingga ia dapat membuktikan bahwa Israel memang berbeda dari bangsa-bangsa lain sebab ada Dia yang menolong dan ia dipilihNnya untuk memimpin bangsa itu menuju tanah perjanjian. Tuhan mengabulkan permohonan Musa dengan menyatakan bagaimana sifatNya yang sesungguhnya (Keluaran 32:6-10,34; 33:3,12-23; 34:4-6).

Lewat kisah tersebut kita dapat belajar, meski Dia tak memperlakukan kita seperti bangsa Israel ketika kita tidak melakukan perintahNya namun demikian, kita tidak boleh jemu-jemu meminta Roh Kudus berjalan di depan kita dalam memahami serta mempraktekkan setiap kata yang tercantum dalam Alkitab. Kita tau bersama bahwa Alkitab ditulis dari zaman purbakala, oleh sebab itu, kita perlu tuntunan dalam memilah, mana hal yang sudah tidak sesuai dan mana yang masih sesuai untuk dilakukan pada masa sekarang. Ketika Roh Kudus berjalan di depan kita, kita menjadi memahami apa pesan yang hendak Dia sampaikan pada kita hari ini dan kita juga semakin memahami lebih dalam bagaimana sifatNya.

Memang kita tak bisa langsung berhasil dalam melakukannya namun percayalah bahwa Dia tak pernah jemu-jemu menolong kita untuk mengerti kebenaran FirmanNya dengan menggunakan khotbah, seminar, bible study, komsel, atau cuplikan video khotbah hambaNya di YouTube.
Jadikanlah diri kita sebagai perpanjangan tanganNya untuk menolong orang lain di sekitar kita yang masih bingung dalam memahami Alkitab serta mempraktekkannya dalam hidup mereka.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:
https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=2&chapter=34&verse=9
http://www.recisydney.org/2014/04/the-compassionate-and-gracious-god/
https://alkitab.mobi/renungan/sh/2006/04/27/

Mari Bergabung di komunitas baca Alkitab di Gerakan Baca Alkitab!
Info lebih lanjut silahkan baca di website ini

Share Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Event & Kegiatan

September 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only