Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Jangan Mengeluh | Bilangan 11:1 (TB)

2 min read
Jangan Mengeluh

“Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.” Bilangan 11:1 (TB)

Salah satu hal yang paling tidak menyenangkan TUHAN adalah bersungut-sungut. TUHAN benci sungut-sungut. Ayat renungan hari ini menunjukkan dengan jelas bagaimana bangsa Israel bersungut-sungut, dan TUHAN murka lalu menghanguskan perkemahan mereka. Dan kita pun semua tahu, bahwa Bangsa Israel yang dengan susah payah keluar dari Mesir, akhirnya hanya berputar-putar melanglang di tengah padang gurun hingga mati, tanpa bisa masuk ke Tanah Perjanjian gara-gara kebiasaan bersungut-sungut.

Memang ada orang yang hobby mengeluh. Kebiasaannya mengeluh dan menggerutu, dan kadang-kadang melakukannya tanpa alasan. Bahkan ada pula yang menikmati melakukan hal tersebut. Seorang pengeluh akan mengeluh tentang segala hal, apa saja, dan di mana saja.

Mungkin kita merasa bukan seorang pengeluh. Tetapi seringkali keadaan yang sulit, musim kehidupan yang berat dan tantangan-tantangan yang diizinkan TUHAN datang dalam hidup kita, membuat kita merasa tidak mampu dan akhirnya memilih untuk bersungut-sungut, mengeluh, menunjuk jari, serta marah kepada TUHAN.

Mari pada hari ini kita belajar sungguh-sungguh untuk mengubah kebiasaan bersungut-sungut. Di saat keadaan sangat menyesakkan, mari belajar untuk berdiam diri, mundur sebentar, tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan kuat-kuat. Lakukan berulang kali sambil menahan mulut kita, -dan hati kita-, dari bersungut-sungut dan mengeluh. Sambil melakukan hal tersebut, bawalah pikiran kita untuk mengingat kebaikan TUHAN. Ingatlah pertolonganNya yang tidak pernah terlambat dan pemeliharaanNya yang sudah pernah kita alami. Biarkan hati kita merasakan kasihNya. Kemudian ungkapkanlah rasa sakit dan kepedihan kita padaNya, biarkan IA yang menyelesaikan bagi kita.

Ingatlah bahwa segala tantangan yang diizinkan TUHAN datang dalam hidup kita, selalu mendatangkan kebaikan pada akhirnya. Saat kita harus masuk dalam proses didikan TUHAN, mari belajar berserah. Ubah respon kita dalam menghadapi masalah. Stop bersungut-sungut! Berhenti mengeluh! Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, tidak membangun, dan tidak membawa siapapun ke arah yang lebih baik. Ingat, pengeluh tidak akan masuk ke Tanah Perjanjian!
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only