Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Jagalah Kekudusan Pernikahan | Maleakhi 2:16 (TB)

2 min read

Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel – juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat! (Maleakhi 2:16 TB)

Melalui perantara Maleakhi, Tuhan mengutarakan rasa murkaNya dan berikhtiar ingin melenyapkan setiap orang dari bangsa Israel karena sudah berbuat keji dengan menceraikan istri kemudian menikah lagi dan ironisnya, wanita yang dinikahi adalah wanita yang menyembah dewa-dewa bangsa asing, yang sudah sangat jelas Dia larang sejak zaman Musa (Ulangan 7:3-4; Maleakhi 2:11-16).

Setiap dari kita yang sudah ditebus oleh darahNya, memiliki kewajiban untuk menghormati Dia dengan menjaga kekudusan pernikahan. Saat kita tau bahwa istri mengkhianati kita setelah bertemu pria yang lebih sukses dan mapan; suami mengkhianati kita setelah bertemu wanita yang jauh lebih cantik, lembut, pengertian, dan perhatian, kita langsung memutuskan untuk bercerai padahal sesungguhnya Alkitab sangat membenci perceraian. Perihal mengenai perkataanNya yang berkata bahwa “seseorang boleh bercerai kecuali karena zinah” bertujuan untuk menyindir orang Farisi yang hendak mencobai Dia dan kembali menjelaskan bahwa perceraian boleh dilakukan akibat ketegaran hati bangsa Israel di zaman Musa. Kalaupun perceraian sudah terjadi, Dia berkata lewat rasul Paulus bahwa pasangan suami-istri yang sudah bercerai harus menjalani hidup tanpa istri atau suami (Matius 19:7-9; Markus 10:2-9; 1 Korintus 7:12).

Teruslah tanamkan dalam hati bahwa pernikahan adalah gambaran mengenai hubungan Dia dengan jemaat. Sebagai wujud penghormatan kita pada Dia sang pemimpin jemaat, saat mengetahui istri atau suami kita berkhianat, hendaklah kita mendoakan dengan tidak jemu-jemu agar sang pemimpin jemaat menyadari istri atau suami kita dari pengkhianat yang telah diperbuat apapun alasannya.

Tuhan Yesus memberkati dan salam cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=39&chapter=2&verse=16
  2. https://suarabaptis.com/perceraian-keluarga-kristen-bolehkah-bercerai-kalau-pasangan-berzinah/

Mari Bergabung di komunitas baca Alkitab di Gerakan Baca Alkitab!
Info lebih lanjut silahkan baca di website ini

Share Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

Event & Kegiatan

September 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only