Arsip

Sosial Media GBA Center

24 July 2024

Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Growing Together | Kolose 3:16 (TB)

2 min read
Growing Together

Growing Together

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. (Kolose 3:16 TB)

Banyak orang belum pernah mendengar pepatah, semakin berisi semakin merunduk. Pepatah tersebut merujuk kemana ya? Lalu apa arti dari pepatah tersebut?

Pepatah tersebut merujuk ke tanaman padi. Padi merunduk karena serat padi menanggung bulir-bulir yang semakin berat. Dari penjelasan ini kita dapatkan artinya.

Artinya adalah, semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, yang bersangkutan semakin rendah hati. Pengalaman dan pengetahuan bukan hanya pengetahuan umum tetapi pengetahuan tentang FirmanNya, termasuk cara menyikapi persoalan. Orang yang rendah hati tak pernah merasa dirinya paling hebat dan memiliki kecenderungan untuk memberi.

Yang penulis maksud bukanlah memberi dalam konteks uang tetapi nasihat yang disampaikan dengan santun dan lemah lembut serta memberi semangat. Kerendahan hati sangat dilatih melalui komsel.

Komsel merupakan bagian dari ibadah raya dan kategorial. Tujuan pelaksanaan komsel ialah membuat jemaat semakin bertumbuh dalam Dia melalui pujian, kesaksian, Firman Tuhan, dan doa.

Melalui pujian, semua orang mengundang hadiratNya masuk. Melalui kesaksian, semua anggota dilatih untuk tidak menghakimi tetapi memberikan semangat dan tanggapan positif. Melalui tanggapan dari ayat Firman Tuhan yang disampaikan, setiap anggota mendapatkan hikmat dan pewahyuan ketika menghadapi masalah, ujian, dan pergumulan dikemudian hari. Melalui doa, setiap anggota dikuatkan agar semakin bertumbuh.

Pertumbuhan dalam Kristus terjadi jika para anggota menerapkan apa yang dilakukan saat komsel ke dalam kehidupan sehari-hari. Maka anggota benar-benr menjadi pribadi yang rendah hati.

Tuhan Yesus memberkati dan sala cemungud!

Sumber:

  1. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?passage=Kolose%203:16
  2. https://agrotek.id/tanda-tanaman-padi-siap-panen/#google_vignette
  3. https://www.gbi-bethel.org/pentingnya-komunitas-sel-komsel/
Share Artikel ini
Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only