Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

GOD’s Wisdom | Efesus 5:15 (TB)

2 min read
GOD's Wisdom

GOD's Wisdom Efesus 5:15

“Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,” Efesus 5:15 (TB)

Hidup ini dipenuhi dengan pilihan. Dan setiap pilihan yang kita buat, akan menentukan berhasil tidaknya atau bahagia tidaknya hidup kita. Jika seumpama hidup kita adalah sebidang ladang dan setiap pilihan adalah benih-benih, maka kita-lah yang menentukan benih apa yang akan kita tanam di ladang kita. Apakah benih yang akan bertumbuh menjadi pohon berbuah sukacita dan hal-hal baik, atau semak penderitaan. Karena itu kita perlu berhati-hati memilih benih yang akan kita tanam di ladang kehidupan kita.

Kemarin kita telah belajar bahwa dengan mempelajari Firman TUHAN, kita akan semakin bijak dalam menentukan pilihan-pilihan dan membuat keputusan-keputusan yang tepat setiap hari dalam hidup kita. Amsal 2:6 pun menyatakan bahwa hikmat yang sejati hanya datang dari TUHAN. Hari-hari belakangan ini pengetahuan ada di mana-mana dan begitu mudah didapatkan. Hanya dengan beberapa ketukan jari saja, kita langsung dapat mengakses pengetahuan. Namun menemukan orang yang berhikmat dan bijaksana malah sedemikian sulitnya.

Kita bisa membeli pengetahuan dengan uang, tapi tidak bisa membeli hikmat dan kebijaksanaan. Dengan demikian kita tahu betapa pentingnya hikmat dari TUHAN! Bahkan kebutuhan utama dalam kehidupan ini bukanlah kekayaan dan kebahagiaan melainkan hikmat dari TUHAN. Mengapa? Karena hikmat-lah yang menuntun kita kepada kekayaan dan kebahagiaan. Kembali ke statement awal dari kalimat ini: kita bisa membeli pengetahuan dengan uang, namun tidak bisa membeli hikmat. Namun dengan hikmat kita bisa mendapatkan uang.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita mendapatkan hikmat dari TUHAN? Amsal 1:7 menyatakan bahwa takut akan TUHAN adalah permulaan hikmat. Jadi kita harus hidup takut akan TUHAN jika kita menginginkan hikmatNya. Takut akan TUHAN artinya serius dengan TUHAN. Serius mempelajari FirmanNya, serius berusaha mengenal dan mencari TUHAN, serius taat melakukan kehendakNya. Serius menjauhi apa yang IA benci, yaitu dosa.

Cara mendapatkan hikmat TUHAN juga adalah terdapat dalam Amsal 8:17, yaitu cintailah hikmat, maka hikmat akan mencintai kita. Temukan hikmat, maka hikmat akan menemukan kita, belajarlah! 1 Raja-raja 3 menceritakan bagaimana Salomo meminta hikmat di atas segalanya untuk menjalani hidup yang berhikmat, lalu TUHAN memberikan bukan hanya hikmat tetapi lengkap dengan kekayaan dan kehormatan sepanjang umur hidup Salomo. Yakobus 1:5 pun menyatakan mintalah hikmat jika kita kekurangan hikmat, maka TUHAN pasti akan memberikannya kepada kita. Karena itu, mintalah hikmat TUHAN di atas segalanya! Karena kita tahu bahwa kita sungguh membutuhkannya. Amin.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only