Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Build A New Habit | Yakobus 1:22 (TB)

2 min read
Build A New Habit

Build A New Habit Yakobus 1:22

“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.” Yakobus 1:22 (TB)

Kebiasaan adalah sebuah pola perilaku yang kita lakukan secara tidak sadar, terbentuk dari keputusan-keputusan harian yang dilakukan terus menerus lalu menjadi pola perilaku. Kebiasaan atau apa yang kita lakukan setiap hari sebenarnya menunjukkan siapa diri kita dan isi hati kita yang sesungguhnya. Dan kebiasaan-kebiasaan itulah yang akan membentuk pula masa depan kita.

Sebuah quote menyatakan, “Show me your habits and I will show your future”. Artinya tunjukkan padaku kebiasaanmu dan aku akan menunjukkan masa depanmu. Jadi masa depan kita sungguh ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan kita hari ini. Jika kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan membangun, bekerja keras, hidup sehat dan tertib, maka kita akan memiliki masa depan yang terjamin oleh karena kebiasaan diri kita sendiri. Namun jika kita setiap hari melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk, merusak, malas, dan bahkan menabur benih-benih kepahitan dan kejahatan, maka tidak akan ada cahaya bagi masa depan kita.

Sesungguhnya mengubah kebiasaan kita akan sama dengan mengubah arah hidup kita. Karenanya, untuk sungguh mengubah kebiasaan kita, diperlukan keteguhan untuk menjalankan keputusan yang mengubah arah hidup kita. Kita hanya bisa sungguh-sungguh menghapus kebiasaan buruk kita jika kita menggantinya dengan kebiasaan yang baik.

Mazmur 119:112 mengajarkan cara untuk mengubah kebiasaan kita menjadi kebiasaan yang baik. Dikatakan, “Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu,”Mencondongkan dalam bahasa asli Alkitab berarti ‘menggeser ke atas’. Berarti bahwa saat kita melakukan ketetapan TUHAN, artinya kita sedang meningkatkan kualitas hidup kita, sedang mengganti kebiasaan kita menjadi kebiasaan yang berpusat pada hal-hal ‘di Atas’.

Yakobus 1:22 pun mengajarkan bahwa kita harus menjadi pelaku Firman. Dengan menjadi pelaku Firman, kita sedang membentuk kebiasaan yang akan membawa kita kepada kesuksesan, sesuai dengan perkenanan TUHAN. Kita tidak bisa memutuskan masa depan kita, namun kita bisa memutuskan pola perilaku atau kebiasaan kita. Kebiasaan kita-lah yang akan menentukan masa depan kita. Ingin sukses? Mari mengawali tahun ini dengan membentuk kebiasaan baru yang berkenan pada TUHAN!
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only