Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Bola-Bola Kehidupan | Matius 6:33 (TB)

2 min read
Bola-bola kehidupan

Bola-Bola Kehidupan

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Matius 6:33 (TB)

Brian Dyson, mantan eksekutif Coca Cola, terkenal dengan pidatonya yang sangat menarik tentang bagaimana kita dapat menjaga keseimbangan dalam kehidupan. Judul pidato yang terkenal tersebut adalah 5 bola kehidupan. Dalam pidatonya, beliau mengatakan, “Bayangkan hidup itu seperti pemain akrobat dengan 5 bola di udara. Bola-bola tersebut adalah pekerjaan, keluarga, kesehatan, sahabat, dan semangat. Anda harus menjaga agar semua bola itu tetap di udara, dan jangan sampai ada yang terjatuh.

Suatu saat, ketika situasi mengharuskan Anda untuk melepas salah satu dari kelima bola tersebut, lepaskanlah pekerjaan. Karena pekerjaan adalah bola karet. Dan pada saat Anda menjatuhkan bola karet, maka bola itu akan melambung kembali. Begitu juga dengan pekerjaan. Saat keadaan mengharuskan kita melepaskan, suatu saat akan melambung kembali. Tetapi keempat bola lain, yaitu keluarga, kesehatan, sahabat, dan semangat adalah bola kaca. Jika Anda menjatuhkannya, akibatnya bisa sangat fatal.”

Pada kenyataannya, seringkali kita malah sangat menjaga pekerjaan yang adalah bola karet, sehingga kadang sampai mengorbankan keluarga, kesehatan, sahabat, dan semangat kita. Dengan kata lain, kadang kita mengorbankan bola-bola kaca kita, demi menyelamatkan bola karet.

Demi pekerjaan yang kita rasa sangat menghasilkan, kita mengabaikan keluarga. Demi meraih sukses, kita sampai tidak memperhatikan kesehatan. Bahkan terkadang, demi uang, kita menghancurkan hubungan persahabatan yang telah terjalin bertahun-tahun. Bukan berarti pekerjaan tidak penting. Tetapi jangan sampai pekerjaan menjadi berhala dalam hidup kita.

Saat kita kehilangan uang atau pekerjaan, kita masih bisa mencari kembali, dan bahkan kita mungkin saja mendapatkan kesempatan yang lebih baik lagi. Tetapi jika keluarga kita hancur, kita kehilangan pasangan atau anak, atau jika kita kehilangan momen-momen berharga bersama keluarga, hal itu tidak akan pernah bisa kembali lagi. Jika kesehatan kita hilang, atau bahkan terkena penyakit kritis, tidak ada gunanya semua harta kita, bukan?

Jagalah prioritas hidup kita tetap seimbang. Bijaklah memilih hal-hal yang berharga. Dan yang paling penting, ayat bacaan hari ini mengingatkan kita, agar kita mencari dahulu kerajaan ALLAH dan kebenaran. Bangunlah persekutuan dengan ALLAH. DIA Raja segala raja, DiA yang empunya segalanya. Tekun baca FirmanNya, siapkan waktu berdoa dan memuji DIA setiap hari. Maka kita tidak perlu kuatir. IA akan memelihara kita. Dan kita akan menikmati semua berkat terbaik yang disediakan BAPA bagi kita, anak-anakNya.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only