Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Be The Best Parents | Amsal 31:26 (TB)

2 min read
be the best parents

be the best parents, orangtua bijak

“Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.” Amsal 31:26 (TB)

Setiap manusia adalah unik. Setiap anak dan juga setiap orangtua, masing-masing memiliki keunikan kepribadian yang berbeda. Setiap keluarga pun memiliki latar belakang, kondisi, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak ada satu teknik atau metode pengasuhan yang seratus persen paling tepat bagi sebuah keluarga. Yang paling tepat hanyalah pola asuh yang dibangun berdasarkan kebenaran Firman TUHAN.

Bacaan Firman TUHAN hari ini mengajarkan bahwa orangtua yang terbaik adalah yang membuka mulut dengan hikmat, dan mengajar dengan lemah lembut. Bukan dengan berteriak-teriak, memaki, dan mengomeli anak tanpa henti. Bukan pula yang memukul dan memaksakan kehendak kepada anak. Memang Alkitab pun mengajar bahwa anak yang dikasihi adalah yang dihajar dan dididik, tetapi orangtua harus memberi pengajaran dan didikan yang berhikmat dengan lemah lembut lebih dahulu, baru kemudian hajaran untuk mendisiplin atas dasar kasih, bukan dengan amarah dan emosi yang meluap.

Banyaknya kasus anak-anak menjadi korban kekerasan rumah tangga menunjukkan bahwa banyak orangtua yang tidak bijak meluapkan emosi kepada anak tanpa mengendalikan diri sehingga anak-anak terluka secara fisik maupun mental, dan bahkan ada yang meninggal di tangan orangtua sendiri. Orangtua yang tidak bijak seringkali menjadikan anak sebagai objek pelampiasan emosi karena tekanan hidup pribadi dan stres oleh tuntutan kebutuhan. Sungguh miris.

Biarlah renungan hari ini mengajarkan dengan tegas kepada setiap orangtua untuk hidup bijak sebagai orang yang dipercayakan oleh TUHAN untuk mendidik anak-anak yang adalah milik TUHAN. Marilah kita hanya membuka mulut dengan hikmat, dan belajar menutup mulut dari omelan dan makian yang tidak berhikmat. Mendidik dengan lemah lembut dan bijaksana, dari dasar hati yang baik. Ingat, kita adalah ‘a mother, not a monster’.
God bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

August 2021
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only