Gerakan Baca Alkitab

Jadikan Baca Alkitab Sebagai Gaya Hidup

Bagaimana Menjadi Teladan? | Yakobus 1:4 (TB)

2 min read
Bagaimana menjadi teladan

Teladan dewasa rohani

“Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.” Yakobus 1:4 (TB)

Ayat Firman dalam renungan hari ini menuliskan bahwa ketekunan mendatangkan kesempurnaan. Apakah kita betul-betul bisa mencapai kesempurnaan dalam hidup ini? Ternyata menurut beberapa versi Alkitab, kata kesempurnaan ini menggambarkan kedewasaan rohani. TUHAN mau setiap kita menjadi dewasa di dalam Kristus. Untuk menjadi dewasa kita membutuhkan ketekunan, proses, dan waktu.

Banyak orang berpikir bahwa kita secara otomatis menjadi dewasa seiring bertambahnya usia kita. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Kedewasaan yang dimaksudkan bukan berasal dari usia, tetapi dari kemampuan kita mengemban tanggung jawab. Kedewasaan juga bukan diukur dari pencapaian dan pendidikan kita. Kita bisa saja memiliki pendidikan tinggi, tetapi tidak tahu cara memperhatikan dan mengasihi orang di sekitar kita, maupun diri kita sendiri. Jadi apakah kedewasaan itu?

Kedewasaan adalah selalu positif di bawah tekanan. Tidak mudah digoyahkan. Tenang dan mampu mengatasi segala situasi dengan baik. Kedewasaan selalu mencari solusi, bukan alasan. Kedewasaan sensitif terhadap kebutuhan orang lain, mengutamakan orang lain. Dan kedewasaan juga ditunjukkan dari perkataan. Tahu kapan harus berbicara, kapan harus diam. Perkataan pun menguatkan dan membangun. Singkatnya, kedewasaan menunjukkan keteladanan.

Ketika seseorang telah menjadi teladan bagi sebuah lingkungan atau komunitas, maka orang tersebut pasti telah melewati sebuah jalur transformasi yang berat dan menyusahkan yang disebut sebagai bertumbuh dewasa. Seorang teladan adalah orang yang tahan uji karena dia telah diuji. Seorang teladan adalah orang yang tekun karena telah dilatih berulang kali di bawah tekanan. Kedewasaan dan keteladanan hanya bisa diraih jika kita memiliki komitmen untuk bertahan dan bertekun dalam tekanan.

Marilah kita memulai langkah kita untuk menjadi teladan bagi orang banyak di dalam hidup kita sehari-hari dengan bersandar dan bertekun pada TUHAN. Ambillah komitmen untuk mendewasakan diri, bangun hubungan pribadi dengan TUHAN. Sebab transformasi kedewasaan di dalam TUHAN mendatangkan berkat bagi kita dan teladan bagi lingkungan, yang pada akhirnya menjadi berkat bagi dunia.
GOD bless!

Share Artikel ini

Arsip

Event & Kegiatan

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Sosial Media GBA Center

Open chat
Butuh Bantuan!
Shalom! 👋🏻
Ingin bertanya tentang Gerakan Baca Alkitab dan pelayanannya? 🙏🏻

Kami melayani chat dari Jam 9.00 - 17.00 WIB
can't talk, whatsapp only